Bootstrap
Program Study

APHP

Postend on : 1 month ago
Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) adalah kompetensi keahlian yang meliputi kemampuan mengenal komoditas hasil pertanian, menerapkan dasar pengolahan dan pengawetan bahan hasil pertanian hingga mengolah bahan hasil pertanian menjadi produk olahan.

Peserta didik program keahlian ini, dipersiapkan untuk menjadi tenaga terampil siap kerja dalam industri pengolahan hasil pertanian.  Perbedaan kompetensi keahlian APHP dengan jurusan pertanian lain pada umumnya adalah APHP lebih menitikberatkan pada kajian keilmuan pascapanen. Sedangkan pertanian lebih fokus pada kajian ilmu sejak pembenihan hingga panen. Di APHP dipelajari tentang penanganan dan teknologi pascapanen, yaitu meliputi rangkaian proses mulai dari penanganan hasil panen, pimilihan bahan baku, teknik pengolahan (fisik, kimia dan biologi), pengendalian mutu, pengawetan, pengemasan, penyimpanan dan distribusi produk.  Rangkain proses tersebut diterapkan pada pengolahan komoditas hasil pertanian, perkebunan, herbal, pertenakan dan perikanan.

Lingkup pengolahan hasil pertanian meliputi pengolahan komoditas serealia (biji-bijian), legum (kacang-kacangan), umbi-umbian, buah-buahan dan sayur-sayuran. Selain mempalajari komoditas hasil pertanian, dipelajari pula pengolahan hasil perkebunan (seperti kopi, teh, kelapa sawit, rempah-rempah, palawija, dll.), herbal (kunyit, temulawak, kencur, dll.), hasil peternakan (susu, daging dan telur) dan perikanan.  Komoditas tersebut diolah menjadi produk sehingga mempunyai nilai ekonomi lebih tinggi dan lebih awet.

Proses pengolahan dilakukan di laboratorium sekolah dengan didampingi oleh guru mata pelajaran produktif.